Lompat ke konten

Lokasi dan Harga Tiket Wisata Kali Opak Jogja

  • oleh

Bagi yang sedang berada di Sleman, kamu bisa mengunjungi tempat wisata Kali Opak Tujuh Bulan. Tempat ini memiliki pemandangan yang masih alami dengan aliran sungainya yang akan mempercantik lokasi tersebut.

Bukan hanya pemandangannya yang bagus, disini juga banyak tersedia spot selfie yang menarik. Bagi yang penasaran dengan tempat wisata selain lava tour merapi berikut ini.

Lokasi

Lokasi Kali Opak Tujuh Bulan ini ada di Yogyakarta tepatnya di Dusun Dalem yang berada di Desa Tamanmartani. Lokasi tersebut masuk dalam kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 50 menit. Dari pusat kota Jogja jarak ke tempat ini sekitar 19,9 kilometer.

Jam Buka

Sebelum kesini kamu juga harus mengetahui dulu jam bukanya agar wisatamu menjadi lebih menyenangkan. Tempat wisata Kali Opak dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.30.

Dan untuk hari sabtu malam minggu, tempat wisata ini dibuka 24 jam, karena memang lokasi ini memiliki tempat untuk bercamping yang sering menjadi tujuan pengunjung.

Dinamakan wisata Kali Opak Tujuh Bulan karena pembangunannya dibuat dengan properti bulatan dari rotan yang jumlahnya 7 buah. Di Malam hari akan kelihatan menyala dengan indah seperti bulan.

Ciri khas dari wisata ini yaitu ikon bulan yang terbuat dari rotan dan banyak dijadikan spot foto yang menarik bagi para pengunjung.

Rute Perjalanan

Untuk rute perjalanan ke tempat wisata Kali Opak Tujuh Bulan ini dari pusat kota Jogja bisa ditempuh dengan jalur yang ke arah utara. Kemudian menuju ke Jalan Raya Solo-Jogjakarta lalu lurus ke Kalasan. Setelah itu perjalanan langsung lurus saja melewati Rumah Sakit Panti Rini dan Pasar Kalasan. Kemudian ikuti jalur Solo.

Sebelum kamu sampai di lampu merah Kalasan, yang ke arah kanan menuju Piyungan, terdapat pertigaan yang menuju ke Jalan keniten. Setelah itu kamu akan sampai di Jalan Pakem-Kalasan.

Kemudian kamu belok kanan ke Jalan Raya Prambanan dan belok kiri sampai menemukan papan petunjuk yang akan ke Wisata Kali Opak.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di Wisata Kali Opak Tujuh Bulan ini cukup lengkap. Diantaranya yaitu tempat parkir, toilet, gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai serta warung makan.

Bagi yang menyukai spot foto menarik, disini juga tersedia. Spot Foto tersebut seperti perahu bambu yang dibangun diatas sungai. Disini kamu bisa mengabadikan momen yang indah di Wisata Kali Opak.

Fasilitas lainnya yaitu area untuk outbond dengan biaya yang bervariasi tergantung dari kapasitas orang serta wahana yang akan digunakan.

Harga Tiket

Jika ingin masuk ke tempat ini harga tiketnya cukup terjangkau. Selain itu ada juga biaya parkir Rp 2000 bagi yang membawa sepeda motor dan untuk mobil pribadi membayar Rp 5000.

Tersedia juga paket outbound dengan harganya yang bervariasi. Harga paket tersebut mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 45.000 per orang.

Penginapan

Bagi yang ingin menginap di sekitar wisata Kali Opak ini, kamu bisa menemukan penginapan terdekat. Diantaranya yaitu Maqmil Syariah Kost Homestay. Penginapan ini dekat sekali dengan tempat wisata Kali Opak.

Untuk biaya akomodasi di penginapan tersebut juga relatif murah yaitu sekitar 80.000 saja. Dengan biaya yang murah itu, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang ada seperti pelayanan kamar, parkir gratis dan kamar yang memiliki desain yang indah.