Lompat ke konten

Fakta Menarik, Inilah Virus Komputer Pertama di Dunia yang Tak Banyak Orang Tahu

  • oleh

Perkembangan teknologi saat ini mendorong manusia untuk lebih modern dengan menggunakan komputerisasi. Banyak jenis komputer yang sudah dikembangkan saat ini, namun penggunaan komputer, salah satu komponen komputer tersebut tak lepas dengan adanya virus yang mengancam. Berikut adalah 5 Virus Komputer Pertama di Dunia yang bisa anda ketahui untuk menambah wawasan.

5 Virus Pada Komputer Pertama di Dunia

  1. The Creeper

 

Jenis virus komputer yang pertama adalah Creeper. Creeper adalah sebuah program yang dibuat oleh ilmuwan bernama Bob Thomas pada awalnya. Program yang dikembangkan pada tahun 1971 itu dibuat untuk melakukan uji coba pada jaringan komputer ARPANET yang merupakan asal muasal internet.

Sehingga program Creeper ini diciptakan dengan tujuan untuk menguji keamanan jaringan ARPANET. Creeper masuk dalam kategori Worm spesies yang pertama. Namun, virus ini pada dasarnya tidak melakukan hal berbahaya. Hal yang dilakukan Creeper hanyalah menampilkan pesan “Aku Creeper, tangkap aku kalau bisa!”.

  1. Wabbit Virus

Virus Komputer Pertama di Dunia lainnya adalah Wabbit Virus. Virus ini muncul setelah 3 tahun adanya Creeper yaitu pada tahun 1974. Pencipta virus jenis ini masih belum diketahui siapa. Namun virus ini bila masuk pada komputer akan membuat cukup kerepotan untuk mengatasinya.

Salah satu hal yang akan dibuat oleh virus ini adalah dia akan terus menggandakan dirinya tanpa henti. Virus Wabbit akan menggandakan dirinya hingga memenuhi memori komputer dan akan membuat komputer perlahan lahan melambat. Bahkan tak jarang akan membuat kinerja hardware terhenti.

  1. Animal

Salah satu virus yang terkenal adalah Trojan. Program virus pertamanya adalah Animal. Virus ini akan membuatnya tersamar sebagai sebuah program. Virus ini kemudian akan aktif saat digunakan oleh pengguna. Pencipta virus komputer ini merupakan seorang programer bernama John Walker pada tahun 1975.

Bila komputer terserang Virus Komputer Pertama di Dunia ini, maka akan muncul game berisi tebak tebakan yang berisi 20 pertanyaan yang harus dijawab. Diakhir game.Namun ada program tersembunyi dibaliknya bernama PREVADE yang akan mengecek lokasi penyimpanan komputer, dan membuat salinannya.

  1. Brain

Virus lainnya yang bisa anda ketahui adalah Brain. Virus ini dibuat pada tahun 1986 oleh Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi. Dua bersaudara ini adalah pengelola toko komputer di Pakistan yang kesal katena banyak pelanggan yang telah menyalin software mereka secara ilegal.

Sehingga mereka membuat Brain yang ada di dalam sistem untuk memuat penyimpanan disket. Saat virus Brain masuk ke disket dan dibuka maka akan muncul pesan soal hak cipta. Namun virus Brain ini tidak sampai merusak data apapun yang disimpan dalam disket. Sehingga tujuan pembuatannya hanya untuk mengingatkan pengguna.

  1. Elk Cloner

Salah satu Virus Komputer Pertama di Dunia yang terkenal adalah Elk Cloner. Tak banyak yang tahu bahwa virus komputer berbahaya ini dibuat oleh seorang remaja yang berusia 15 tahun bernama Richard Skrenta. Virus ini masuk ke komputer Apple IIĀ  saat itu menggunakan disket. Lucunya, skan muncul pesan puisi bila komputer terjangkit virus ini.

Itulah sekilas tentang berbagai macam virus komputer pertama yang bisa anda ketahui. Perkembangan teknologi saat ini memang membuat banyak desain dan fitur komputer menjadi lebih canggih. Walaupun begitu, ancaman virus juga ikut berkembang dan akan selalu anda. Sehingga anda bisa melakukan proteksi ke perangkat anda agar lebih awet pemakaiannya.