Mana Saja Universitas Di Cina Yang Menerima Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia Itu?

Perkembangan teknologi di Cina yang semakin pesat menyebabkan banyak sekali pelajar Indonesia ingin melanjutkan studi S1 di Negeri Tirai Bambu tersebut. Akan tetapi tidak jarang para pelajar Indonesia terkendala oleh biaya sehingga mengakibatkannya tidak jadi untuk melanjutkan studi di Negeri Tirai bambu itu. Namun sekarang tidak perlu khawatir pasalnya ada beberapa universitas di Cina yang menerima beasiswa untuk pelajar Indonesia. Lantas mana saja universitas di Cina yang menerima beasiswa itu?.

3 Universitas Di Cina Yang Menerima Beasiswa

Untuk Anda yang setelah lulus SMA ingin melanjutkan studi S1 di Cina namun terkendala oleh biaya berikut beberapa rekomendasi universitas di negeri tirai bambu yang menerima beasiswa.

  1. Universitas Tsinghua

Perguruan tinggi di Cina itu saat ini menempati peringkat ke-17 sebagai universitas terbaik di dunia. Diketahui universitas yang telah berdiri sejak tahun 1911 itu  mempunyai mahasiswa asing  sekitar 4000 siswa. Mahasiswa asing yang ada di dalamnya termasuk berasal dari Indonesia. Untuk lokasinya sendiri universitas Tsinghua berada di barat laut Beijing, Distrik Haidan.

  1. Universitas Peking

Perlu untuk diketahui bahwa perguruan tinggi di Cina ini memegang peranan yang sangat penting dalam proses pergerakan intelektual di Tiongkok. Hal itu terbukti dari telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh Cina yang berpengaruh besar untuk negara seperti Mao Zedong dan Li Keqiang, Untuk jumlah mahasiswa asal Indonesia sendiri yang menempuh pendidikan di Universitas Peking sebanyak 3.500 siswa.

  1. University Of Science and Technology of China

Bisa dibilang jika lokasi dari perguruan tinggi ini sangatlah strategis dengan beberapa organisasi internasional. Menurut hasil pemeringkatan dunia universitas di Cina ini mendapatkan rangking 98. Sedangkan untuk jumlah mahasiswa asing yang ada di perguruan tinggi ini mencapai 700 siswa. Jumlah itu sudah termasuk mahasiswa asal Indonesia.

Rekomendasi Beasiswa Cina Untuk Pelajar Indonesia

Setidaknya terdapat tiga beasiswa Cina yang bisa didapatkan oleh pelajar Indonesia. Namun agar bisa mendapatkan beasiswa itu pastikan telah memenuhi persyaratannya.  Adapun ketiga beasiswa yang dimaksud itu seperti berikut ini.

  1. Beijing Government Scholarship

Beasiswa satu ini merupakan pemberian dari pemerintah Beijing yang ditujukan untuk para mahasiswa internasional. Diketahui dana awal dari beasiswa ini bisa mencapai angka 35 juta Yuan. Beasiswa dari pemerintah Beijing ini memiliki tujuan utama untuk mempromosikan perguruan tinggi di Cina. Selain menyediakan beasiswa untuk program magister, Beijing Government Scholarship ini juga menawarkan Beasiswa bagi pelajar yang ingin menempuh jenjang doktoral.

  1. Beasiswa BLCC

Beasiswa blcc ini diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin mempelajari bahasa dan budaya Cina, terutama tentang bahasa Mandarin. Dengan beasiswa ini nantinya Anda akan mendapatkan potongan pendidikan hingga 15 juta. Bagi yang tertarik bisa segera daftar beasiswa satu ini secara online melalui website resminya.

  1. Beasiswa WMO Program

Rekomendasi berikutnya beasiswa yang bisa Anda dapatkan ketika hendak berkuliah di Cina yaitu WMO program. WMO program sendiri merupakan sebuah beasiswa partisial yang akan diberikan bagi calon mahasiswa untuk jenjang S1 dan S2. Namun sayangnya beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kajian hidrologi, metrologi, pengawasan dan manajemen sumber daya air di Beijing. Beasiswa itu sudah meliputi biaya kuliah, asuransi hingga akomodasi. Untuk mengikuti program beasiswa ini pelamar bisa menghubungi kantor sekretariat WMO.

Demikianlah ulasan singkat tentang universitas di China yang menerima beasiswa untuk para pelajar Indonesia. 


Posted

in

by

Tags: