Syarat Haji Yang Wajib Diketahui Calon Jemaah Haji

 

Saat melaksanakan ibadah haji maka akan ada serangkaian syarat haji yang wajib untuk dipenuhi dan dilaksanakan berdasarkan apa yang telah diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadist.

Syarat haji wajib untuk beberapa pendapat ulama memiliki beberapa perbedaan, tetapi dari beberapa pendapat para ulama ada bebera poin yang sama walaupuan terdapat beberapa perbedaan dalam penyampaiannya.

Syarat wajib haji inilah yang akan menentukan seorang muslim diwajibkan melaksanakan ibadah haji atau tidaknya. Berdasarkan keterangan yang tercantum di dalam Al-Qur’an dan Hadist ada 7 hal yang menjadi persyaratan wajib haji.

Syarat Haji Yang Wajib Dipenuhi

Berikut ini adalah syarat wajib haji yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadist yaitu bergama islam, sudah baligh, berakal, merdeka, mampu dalam fisik dan finansial untuk memungkinkan perjalanan haji.

Syarat Wajib Haji Menurut Ulama

Menurut Sayyid Utsman bin Yahya, syarat wajib haji terdiri dari 6. Jadi seorang muslim yang akan melakanakan ibadah haji, harus memebuhi syarat haji wajib yaitu beragama islam, sudah baligh, aqil, merdeka, telah masuk waktu haji, mengetahui perbuatan haji.

Jadi berdasarkan kedua pendapat di atas, disimpulkan bahwa syarat utama wajib haji yang sesuai dengan syarat sahnya yaitu terdiri dari 5 poin yang masih sama dengan apa yang tercantum di dalam Al-Qur’an. Jika syarat haji wajib tidak dipenuhi maka gugurlah kewajiban seorang muslim untuk melaksanakan kewajiban haji.

1. Islam

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima, sehingga untuk umat islam yang sudah mampu wajib untuk melaksanakannya. Jadi syarat haji wajib pertama adalah wajib beragama islam.

Jadi jika bukan seorang muslim melaksanakan ritual haji seara lengkap maka tidak akan dianggap sah ibadah haji yang telah dilakukannya.

2. Balig

Seseorang yang wajib melaksanakan ibadah haji harus sudah balig atau sudah dewasa. Jika sesorang yang belum balig atau anak-anak dan berangkat melaksanakan ibadah haji, maka hajinya tetap sah. Tetapi orang tersebut tidak memenuhi syarat wajib haji.

3. Berakal

Syarat haji selanjutnya adalah seorang muslim harus berakal, artinya adalah seorang muslim tersebut harus sehat jasamani rohaninya.

Jadiuntuk orang yang tidak waras, hilang ingatan, atau gila maka tidak masuk dalam syarat wajib haji.

4. Merdeka

Syarat haji wajibnya adalah seorang muslim tersebut harus merdeka terlebih dahulu. Merdeka artinya terbebas dari perbudakan ataupun penjajahan. Walaupun sekarang sudah tidak ada sistem perbudakan, tetapi ibadah haji tetap tidak diwajibkan untuk hamba sahaya atau para budak yang beragama islam.

5. Mampu (Istitha’ah)

Untuk syarat hari wajib berikutnya adalah seorang muslim harus mampu, artinya adalah mampu dalam segi finansial dan segi fisik. Jadi seorang muslim yang ingin berangkat ibadah haji harus memiliki biaya berangkat dan pulang.

Untuk calon haji wanita saat melakanakan ibadah haji harus didapingi oleh mahramnya atau pergi haji bersama sesama wanita yang dipercaya dan memiliki pengetahuan tentang aturan ibadah haji.

Jadi itulah tadi yang dapat kami sampaikan tentang syarat haji yang wajib diketahui oleh para jemaah haji. Sehingga jika kamu tidak memenuhi salah satu syarat haji di atas, maka kamu sebagai seorang muslim tidak wajib untuk melaksanakan ibadah haji.

Tetapi jika kamu telah memiliki semua syarat wajib haji yang disebutkan di atas, segeralah melakukan ibadah haji dan cek artikel tentang cara daftar haji. Karena jika kamu sudah mampu dan memenuhi syarat wajib haji dan tidak melaksanakannya kamu akan mendapatkan dosa.

 


Posted

in

by

Tags: