6 Keunggulan Reksadana Pasar Uang, Salah Satu Pilihan Terbaik Investasi!

Berbicara mengenai pentingnya investasi, ada banyak instrumen yang bisa anda pilih sebagai tempat untuk menanamkan modal. Salah satunya yaitu reksadana pasar uang yang dilakukan dengan menanamkan modal pada efek obligasi, yang mempunyai jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jenis investasi reksadana tersebut cukup banyak diminati karena mempunyai keunggulan seperti berikut.

Keunggulan Investasi Reksadana Jenis Pasar Uang

  1. Berpotensi Menguntungkan

Umumnya, seseorang akan memilih untuk melakukan investasi pada instrumen yang berpotensi memberikan keuntungan besar. Itulah yang menjadi alasan kenapa reksadana jenis pasar uang banyak dilirik oleh masyarakat. Karena instrumen investasi ini memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Meskipun keuntungan yang didapatkan tetap tergantung dari kondisi pasar uang, namun perlu diketahui bahwa pasar uang termasuk memiliki tingkat kestabilan yang baik. Sehingga para investor pun tidak perlu khawatir akan risiko kerugian. Supaya dapat memperoleh keuntungan yang lebih optimal, maka anda bisa memilih investasi jangka panjang. Potensi keuntungan pertahunnya mencapai 4-7%.

  1. Dana yang Mudah Dicairkan

Selain berpotensi menguntungkan, hasil keuntungan yang diperoleh dari reksadana pasar uang juga relatif mudah dicairkan. Karena tidak seperti deposito yang mengharuskan anda menunggu jatuh tempo agar tidak kena penalti, reksadana ini menawarkan kenyamanan dengan sistemnya yang bisa ditarik kapan saja.

Misalnya anda sudah berencana ingin menyimpan dana selama tiga tahun. Namun ternyata di tahun pertama ada kebutuhan darurat, sehingga anda perlu menariknya. Reksadana jenis pasar uang memungkinkan anda melakukan hal tersebut. Dimana anda dapat mencairkannya tanpa harus menunggu jatuh tempo. Dan pencairan tersebut bahkan tidak akan dikenai penalti.

  1. Jangka Waktu Fleksibel

Investasi pada reksadana jenis ini mempunyai jangka waktu yang fleksibel, dimana anda bisa berinvestasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dana yang anda simpan bisa dengan mudah dicairkan kapan saja ketika dibutuhkan. Sehingga jangka waktu anda melakukan investasi bisa sangat fleksibel.

Namun perlu diingat bahwa semakin singkat atau semakin cepat anda mencairkan dana, maka potensi keuntungan yang akan diperoleh juga semakin kecil. Itulah mengapa banyak dari investor besar memilih investasi reksadana pasar uang dalam jangka panjang. Sebab keuntungan yang ditawarkan juga tentunya jauh lebih tinggi.

  1. Bisa Mulai dengan Modal Kecil

Siapa bilang investasi harus membutuhkan modal besar ? Dengan modal kecil pun anda bisa berinvestasi pada reksadana jenis pasar uang. Karena umumnya hanya dibutuhkan modal minimal Rp. 100.000 saja untuk bisa berinvestasi pada reksadana. Terlebih berapapun jumlah uang yang anda investasikan, reksadana mempunyai suku bunga yang sama.

  1. Bukan Objek Pajak

Keunggulan lainnya dari reksadana jenis pasar uang yaitu memungkinkan anda memperoleh profit investasi yang tidak dikenakan pajak. Sebab keuntungan yang diperoleh dari instrumen investasi ini bukan termasuk objek pajak. Sehingga itu berarti anda dapat menikmati profit yang diperoleh secara utuh, tanpa harus dipotong biaya pajak.

  1. Likuiditas Tinggi

Satu lagi kelebihan reksadana pasar uang, yakni mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi. Sehingga investasi pada instrumen ini menjadi pilihan bagus dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang. Apalagi anda bisa mencairkan investasi kapan saja ketika memerlukan dana segar.

Itu dia sederet keunggulan dari reksadana jenis pasar uang yang membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik untuk investasi. Jika tertarik, anda bisa cek analisatrade untuk mendapatkan beberapa tips investasi agar mendapat keuntungan optimal. Jangan tunggu lama, sekarang adalah waktu yang paling tepat. Yuk investasi sekarang!

 

 


Posted

in

by

Tags: