Bukan Cuma Buat Lomba! Ini Beragam Manfaat Dari Pohon Pinang

 

Siapa tak tahu pohon pinang? Setiap agustusan pohon ini pasti banyak dicari. Perayaan HUT RI memang kurang lengkap rasanya jika tanpa pohon ini. Mengingat pohon inilah yang akan memeriahkan perlombaan dengan digunakan untuk panjat pinang.

Tanaman bernama ilmiah Areca catechu L ini merupakan jenis pohon yang ramping. Di mana tingginya bisa mencapai 15-20 m dengan diameter 15 cm. Itulah mengapa pohon ini dirasa sangat cocok untuk dipanjat.

Namun perlu Anda ketahui juga selain untuk lomba panjat pinang, pohon ini juga punya banyak manfaat lain. Mulai dari buah, biji hingga akarnya, semua bagian pohon ini dapat dimanfaatkan. Berikut adalah beberapa pemanfaatannya:

  • Akar pinang. Pada jaman dahulu, akar tanaman pinang digunakan sebagai racun. Terutama akar dari jenis pinang itam.
  • Biji pinang. Biasa digunakan dalam ramuan tradisional. Seperti untuk mengobati disentri, diare berdarah dan kudisan. Selain itu, bisa juga untuk bahan pewarna merah alami, bahan penyamak dan campuran makan sirih.
  • Pelepah daun. Umumnya dimanfaatkan sebagai pembungkus kue dan makanan. Sementara umbutnya dapat dimakan sebagai lalapan.
  • Buah pinang. Buah pinang bisa dijadikan sebagai bahan konsumsi. Atau bisa juga untuk bahan campuran dalam pembuatan kosmetik.
  • Batang pinang. Selain untuk panjat pinang, batang pohonnya juga bisa digunakan untuk hunian. Seperti untuk membuat pagar, saluran air hingga perkakas.

Sementara itu untuk tanamannya sendiri, pohon pinang bermanfaat sebagai penahan longsor. Atau juga pohon hias untuk mempercantik pekarangan.


Posted

in

by

Tags: