Tingkat Stres pada Remaja Meningkat, Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Tertekan

Bagi orang dewasa, mungkin tidak ada alasan bagi seorang anak untuk mengalami stres dan depresi. Pasalnya mereka belum cukup banyak makan asam garam kehidupan dan segala kebutuhannya dipenuhi oleh orang tua. Akan tetapi, tingkat stres pada remaja ternyata cukup tinggi dan alasannya pun beragam. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang tertekan ini ? Yuk cari tahu lewat ulasan berikut.

Membantu Mengatasi Anak yang Tertekan

  1. Dengarkan Keluh Kesah Anak

Meluangkan waktu, berkomunikasi, serta mendengarkan keluh kesah anak akan membantunya mengatasi stres yang dirasakan. Bahkan orang tua dapat mengetahui apa yang anak alami sekaligus penyebab rasa tertekan tersebut muncul. Anda bisa melakukan hal ini ketika sedang makan bersama anak, bermain di wahana permainan, memasak bersama anak, dan lain sebagainya.

  1. Bersabar dan Mengasihi Anak

Orang tua kemungkinan besar akan merasa frustasi ketika menghadapi anak yang tengah depresi. Karena pada kondisi tersebut, kelakuan dan suasana hati mereka bisa berubah ubah. Di sini penting bagi anda untuk mencoba bersabar dan tidak memarahi anak. Mengasihi mereka sebagaimana mestinya merupakan salah satu kunci penting dalam membantu anak mengatasi rasa tertekannya.

  1. Menjaga Diri Sendiri

Selain memperhatikan kondisi anak, orang tua sendiri perlu menjaga kesehatan fisik dan mental diri sendiri. Karena tanpa kondisi yang sehat, tentu anda tidak akan bisa mengatasi depresi pada anak. Bahkan kebanyakan kasus ditemukan bahwa orang tua yang depresi menjadi salah satu pemicu rasa tertekan pada anak.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak dalam mengatasi rasa tertekan dan stres. Apabila kondisi tersebut tidak kunjung membaik dan terus berlanjut, orang tua juga bisa mencoba membawa anak ke ahli seperti psikolog. Sehingga anak dapat dibantu dengan tenaga profesional dalam meregulasi emosinya.


Posted

in

by

Tags: