Lompat ke konten

Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan Tubuh

  • oleh

Indonesia mempunyai banyak tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional, salah satunya yaitu buah genitri (Elaeocarpus sphaericus Schum). Banyak manfaat buah genitri untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini berbiji dengan batang tegak dan bulat berwarna cokelat, sementara daunnya bergerigi.

Beberapa Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan

Banyak penelitian mengkaji kandungan buah ini bagi kesehatan manusia. Kandungan pada buah genitri terdapat zat metabolit sekunder diantaranya protein, flavonoid, tanin, pitosterol, alkaloid dan lemak. Berdasarkan kandungan tersebut, buah genitri dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat buah genitri bagi kesehatan dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini:

  1. Meringankan diare

Salah satu penyebab diare yaitu infeksi bakteri. Kandungan flavonoid, alkaloid, dan tanin pada buah genitri dapat menghambat tumbuhnya bakteri tersebut dan diare tidak bertambah parah.

  1. Menormalkan fungsi organ tubuh

Buah genitri yang di jus dapat meredakan stres dan kecemasan, mencegah peradangan di dalam tubuh dan meringankan rasa nyeri.

  1. Meredam dan menurunkan hipertensi

Kegunaan lain dari genitri adalah kemampuannya untuk meredakan dan menurunkan hipertensi. Dengan cara meminum air rendaman biji genitri yang direndam semalaman.

  1. Anti peradangan

Manfaat lain yaitu dapat mengurangi peradangan, baik yang berada pada luar maupun dalam tubuh. Kamu bisa gunakan larutan buah genitri,

  1. Meningkatkan kinerja jantung

Kondisi biji atau buah genitri dapat mengirimkan sinyal – sinyal elektromagnetik yang positif pada organ – organ di tubuh. Asesoris seperti Kalung dan  gelang yang terbuat dari biji genitri ini bisa mengoptimalkan kinerja dari jantung.

Tanpa banyak yang sadar, dimana buah satu ini faktanya mempunya banyak manfaat. Manfaat buah genitri sebagai obat tradisional selain itu ternyata banyak lagi. Bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia ternyata buah genitri.