Jangan Dibuang! Kenali Dulu Manfaat Biji Sirsak untuk Kehidupan

Biji sirsak kerap dianggap sebagai limbah. Memang jika dilihat dari tampilannya seperti tidak bisa dikonsumsi. Ternyata manfaat biji sirsak ada beberapa macam. Bahkan tak hanya untuk tubuh juga bermanfaat bagi kehidupan. Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Manfaat dari Biji Sirsak

Biji sirsak bisa dimanfaatkan dengan cara diolah sedemikian rupa terlebih dahulu. Pengolahannya pun tidak bisa sembarangan. Untuk manfaatnya bagi kehidupan, berikut beberapa contohnya.

  • Bermanfaat membasmi kutu rambut
  • Cocok sebagai pestisida
  • Menghalau serangga yang bersarang di rumah
  • Sebagai bahan dasar kosmetik. Contohnya toner maupun pembersih wajah

Biji Sirsak Sifatnya Beracun

Biji sirsak bersifat beracun sehingga tidak boleh dikonsumsi. Walaupun demikian, kandungan alkaloid di dalamnya bisa dimanfaatkan sebagai pestisida. Ini dia kandungan yang harus diwaspadai dalam biji sirsak

  • Alkaloid

Alkaloid merupakan senyawa bioaktif yang sifatnya beracun. Walaupun demikian, zat tersebut bisa dimanfaatkan untuk industri pestisida. Bahkan pestisida dari biji sirsak ini bersifat nabati dan tentunya lebih alami.

  • Vermifuges

Selain pestisida, ternyata biji sirsak juga cocok sebagai bahan anti cacing. Bagi rumah yang penuh akan serangga dan cacing, penggunaan biji sirsak yang sudah diolah lebih disarankan. Selain mudah, biji sirsak ini juga ramah lingkungan.

Ternyata walaupun dianggap limbah dan beracun, manfaat biji sirsak bagi kehidupan sangatlah banyak. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat rumah bebas serangga. Bahkan bisa dijadikan obat untuk pestisida tanaman.

SUMBER:

https://www.alodokter.com/manfaat-buah-sirsak-untuk-kesehatan

https://katadata.co.id/intan/berita/616ecf767f795/8-manfaat-buah-sirsak-untuk-kesehatan-tubuh-dan-kulit


Posted

in

by

Tags: