kuliah sambil bekerja di Australia? Emang bisa?

Untuk kamu yang mempunyai cita-cita bisa kuliah di Australia pastinya kamu mempunyai pertanyaan apakah bisa kuliah sambil bekerja di Australia? Dan untuk mengetahui penjelasan tentang kuliah sambil bekerja di Australia silahkan simak informasi di bawah ini.

Saat ini mungkin kamu masih duduk di bangku SMA, tetapi kamu sudah mempunyai cita-cita untuk bisa kuliah di salah satu kampus yang ada di Australia. Karena kamu ingin mempunyai masa depan yang lebih baik dengan kuliah di Australia. Di Australia sendiri ada sangat banyak Perguruan tinggi terbaik di dunia. Dan menariknya kamu bisa kuliah sambil bekerja di Australia. Karena pemerintah Australia memperbolehkan mahasiswa untuk bisa kuliah sambil bekerja.

Jadi saat kamu kuliah di Australia nantinya kamu bisa melakukan kerja paruh waktu, dan bisa kerja full time ketika musim libur kuliah di Australia. Lalu bagaimana apakah kamu tertarik kuliah sambil bekerja di Australia? Berikut ini tipsnya!

Tips kuliah sambil bekerja di Australia

Berikut ini merupakan beberapa tips kuliah sambil bekerja di Australia:

  • Atur jadwal dengan baik. Buat jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu untuk bekerja, kuliah, dan istirahat. Pastikan untuk menyisihkan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan mempersiapkan ujian dengan cukup.
  • Komunikasikan dengan atasan di tempat kerja. Jelaskan situasi Kamu kepada atasan Kamu dan minta bantuan dalam mengelola waktu Kamu. Mungkin ada beberapa shift atau tugas yang bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah Kamu.
  • Prioritaskan tugas yang paling penting. Fokus pada tugas yang paling penting terlebih dahulu, seperti menyelesaikan tugas kuliah atau mengerjakan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.
  • Gunakan waktu luang dengan bijak. Gunakan waktu luang Kamu untuk beristirahat dan bersantai, sehingga Kamu tetap fresh dan siap untuk menghadapi hari-hari yang sibuk.
  • Minta bantuan jika diperlukan. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga dalam mengelola waktu Kamu atau menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Juga, jangan ragu untuk meminta bantuan dari guru atau dosen jika Kamu mengalami kesulitan dalam kuliah.

Peraturan kuliah sambil bekerja di Australia

Berikut ini merupakan beberapa peraturan yang mungkin berlaku bagi Kamu yang ingin kuliah sambil bekerja di Australia:

  • Kamu harus mempunyai izin kerja yang sesuai. Kamu harus mempunyai izin kerja yang sesuai agar bisa bekerja di Australia. Jika Kamu bekerja tanpa izin, Kamu bisa dikenakan sanksi atau bahkan diusir dari negara ini.
  • Kamu harus mematuhi peraturan tentang jam kerja. Di Australia, terdapat peraturan tentang jam kerja yang harus Kamu patuhi, termasuk jumlah jam kerja maksimal 40 jam selama dua minggu, jeda istirahat, dan waktu libur.
  • Kamu harus mematuhi peraturan tentang upah. Di Australia, terdapat peraturan tentang upah yang harus Kamu patuhi, termasuk upah minimum yang berlaku di negara ini. Kamu juga harus memastikan bahwa Kamu menerima upah yang sesuai dengan perjanjian kerja yang telah disepakati. Umumnya upah kerja di Australia adalah AUD 10 sampai AUD 20 per jamnya.
  • Kamu harus mematuhi peraturan tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Di Australia, terdapat peraturan tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang harus Kamu patuhi, termasuk mengenakan peralatan pelindung diri yang sesuai jika diperlukan. Untuk pelajar internasional kamu harus mempunyai overseas student health cover.
  • Kamu harus mematuhi peraturan tentang tata tertib kuliah. Setiap universitas atau sekolah tinggi di Australia mempunyai peraturan tentang tata tertib kuliah yang harus Kamu patuhi, termasuk masalah kehadiran di kelas, mengerjakan tugas, dan ujian. Pastikan untuk membaca dan memahami peraturan tersebut sebelum mulai kuliah sambil kerja di Australia.

Apa aja sih yang perlu disiapkan untuk kuliah ke Australia?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Kamu siapkan untuk kuliah ke Australia:

  • Visa studi. Kamu harus mempunyai visa studi yang sesuai untuk mengikuti kuliah di Australia. Proses pengajuan visa studi biasanya memerlukan waktu cukup lama, jadi pastikan untuk mengajukan visa studi sesegera mungkin.
  • Bukti pembayaran biaya kuliah. Kamu harus membayar biaya kuliah sebelum mendaftar ke universitas atau sekolah tinggi di Australia. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen pembayaran biaya kuliah yang diperlukan.
  • Bukti keuangan. Kamu mungkin perlu memberikan bukti keuangan untuk menunjukkan bahwa Kamu mempunyai cukup uang untuk menutupi biaya hidup selama kuliah di Australia.
  • Paspor yang masih berlaku. Pastikan bahwa paspor Kamu masih berlaku selama periode kuliah di Australia.
  • Asuransi perjalanan. Pastikan untuk membeli asuransi perjalanan yang sesuai sebelum pergi ke Australia. Asuransi perjalanan akan melindungi Kamu dari risiko kecelakaan, sakit, atau kehilangan barang selama di negara ini.
  • Dokumen lain yang diperlukan. Selain dokumen-dokumen di atas, ada beberapa dokumen lain yang mungkin diperlukan, seperti bukti asuransi kesehatan, surat keterangan sehat, dan surat rekomendasi dari universitas atau sekolah tinggi asal. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum pergi ke Australia.

Selain itu kamu juga harus memiliki Skor IELTS Baik, jadi kamu harus lolos IELTS dengan skor yang sangat baik, dengan minimal skor 6. Untuk bisa lolos test IELTS, kamu bisa mengikuti program TOEFL dan IELTS Preparation di JagoBahasa terlebih dahulu.


Posted

in

by