Kereta Api Songgoriti

Kereta Api (KA) Songgoriti merupakan kereta yang melayani rute Surabaya Gubeng–Malang. Kereta api yang mulai beroperasi pada 1 Desember 2019 ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan melayani penumpang kelas ekonomi premium.

Kereta api ini dinamai Songgoriti yang merupakan nama kawasan wisata di Songgokerto, Batu, yaitu wisata Songgoriti yang terkenal dengan Candi Songgoriti (peninggalan Kerajaan Medang) dan wisata air panasnya. Hal inilah yang membuat tempat tersebut kerap digunakan sebagai tempat peristirahatan wisatawan.

KA Songgoriti ini awalnya merupakan layanan kereta api tambahan dengan nama Tambahan SGU-ML/ML-SGU. Kereta tambahan ini menggunakan rangkaian Kereta Api Jayakarta yang tidak terpakai di Stasiun Surabaya Gubeng pada pagi hari dan beroperasi mulai 1 Maret 2019.

Setelah beroperasi kurang lebih selama 9 bulan, kereta api ini kemudian berganti nama menjadi Kereta Api Songgoriti, dengan tetap memberikan pelayanan yang sama. Namun, tidak lama kemudian, tepatnya pada 10 Februari 2021, kereta api ini resmi berhenti beroperasi dan digantikan oleh Kereta Api Arjuno.

Alasan penghentian pelayanan Kereta Api Songgoriti adalah adanya perubahan pola operasi rangkaian kereta serta jumlah penumpang yang rendah. Betapa tidak, rata-rata jumlah penumpang kereta api ini per bulannya hanya 800–900 orang. Padahal, jumlah kursi dan kapasitas penumpang di kereta ini mencapai 80 orang.

 

 


Posted

in

by

Tags: