Cara Menggunakan Microsoft Excel Ini Cocok untuk Pemula, Coba Saja

Microsoft Excel sudah begitu familiar dalam penggunaannya dalam perhitungan dan analisa data. Terlihat sulit, nyatnya cara menggunakan Microsoft Excel ini cocok untuk pemula tidak seribet yang dipikirkan sebagian orang.

Untuk pemula, dan kamu yang merasa gaptek, mudah saja mempelajarinya. Dengan tahu Excel dan pengoperasiannya maka lebih mudah memasukkan data. Hasilnya valid sehingga akan memudahkan sistem kerjamu.

Begini Cara Menggunakan Microsoft Excel untuk Pemula, Cobain Yuk

Di awal mempelajari Excel, tak perlu berpikir yang rumit dan susah. Tinggal memahami sedikit akan program ini, otomatis paham dan dapat segera melakukan input serta hitungan dengan mudah. Hasil statistik juga terlihat dan langkahnya bisa dicoba.

  1. Membuka Aplikasi Excel

Untuk membukanya dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Jika menggunakan PC atau laptop saat menyalakannya muncul desktop. Di sini ada banyak ikon yang telah ada di laptop atau PC tersebut. Pilih ikon Excel dengan warna hijau.
  • Ada lagi cara lain jika kamu membuka Excel lewat PC yaitu ada sistem pencarian di sana yang berbentuk kaca pembesar. Klik dan tuliskan Excel maka aplikasi ini akan muncul. Kemudian tinggal klik untuk membuka lebih lanjut.

Pilih yang menurutmu mudah dan lebih cepat untuk membuka Excel.

  1. Mengenal Worksheet Excel

Jika kamu membuka laman Excel untuk pertama kalinya, akan muncul cell atau kotakan memanjang yang banyak. Inilah lembaran kerja yang akan menjadi media untuk input data yang akan diolah. Terdapat beberapa bagian mulai dari judul, lembar per lembar yang dapat kamu pelajari perlahan.

  1. Adanya Formula SUM

Formula ini menjadi hal sangat penting di Excel karena dari sinilah total data akan terlihat dengan mudah. Formula yang dibuat akan memudahkan kamu dalam menghitung data yang telah diinput ke sana.

Jika datanya satu atau dua tak masalah dihitung secara manual, tapi kalau ribuan, akan menyulitkan sekali. Dengan SUM semua data yang ada dapat dilakukan total sekaligus. Hal inilah yang membuat Excel menjadi idaman karena mempermudah dalam banyak pekerjaan.

Caranya, letakkan kursor di bagian atas data yang akan dihitung. Kemudian Tarik ke bawah sehingga semua data masuk dan klik SUM, maka total keseluruhan data langsung terlihat.

  1. Adanya Formula SUMIF

Cara menggunakan Microsoft Excel dengan formula SUMIF hampir sama dengan SUM tapi ada argument lain untuk kriteria tertentu. Sehingga hasilnya dapat dilihat dari jumlah dalam satu waktu atau jumlah harian atau sesuai data yang dibutuhkan.

Misalnya saja sebuah toko akan menjumlah berapa produk terjual dalam sehari dengan cara gampang. Tulis =SUMIF(range produk;”nama produk’;range total produk) langsung klik enter. Beda lagi jika kamu ingin menjumlah salah satu produk saja. Tinggal ubah sesuai nama produk tersebut.

  1. Formula AVERAGE

Adapun formula berikutnya yang AVERAGE yang berfungsi mengetahui rata-rata dari setiap data yang ada. Rerata ini dapat dihitung untuk menentukan jumlah dan berapa rata-rata yang dihasilkan. Hal ini sangat memudahkan dalam berbagai perhitungan.

Cara dalam menentukan AVERAGE tak ubahnya formula sebelumnya. Tulis =AVERAGE(range data) dan klik enter. Maka akan terlihat secara langsung rata-rata yang dibutuhkan.

Dari rerata yang telah dihasilkan kadang muncul dalam bentuk desimal atau bilangan bulat. Untuk lebih memudahkannya jika bilangan desimal yang muncul klik button decrease decimal.

Informasi di atas seperti dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com dan untuk lebih lengkap dapat ke webnya langsung. Belajar Excel tidak sulit dan tinggal menambah jam terbang penggunaannya.


Posted

in

by

Tags: