Cara Menggabungkan 2 File Excel Menjadi 1 dengan Menu Move & Copy

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang ada dalam paket Microsoft Office. Selain Excel, ada juga Ms. Word, PowerPoint, dan jenis aplikasi lainnya dengan fungsi berbeda. Untuk Excel, ini ditujukan untuk pengolahan data. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa Excel ini dipertuntukkan untuk membuat tabel dan hitungan.

Padahal fungsinya sangat kompleks karena sangat berguna dalam pengolahan beragam data, salah satunya untuk pengolahan statistik. Di dalam Excel, ada banyak rumus atau formula mulai dari penghitungan dasar seperti penjumlahan dan perkalian hingga bentuk formula lainnya yang jauh lebih rumit.

Fungsi Excel

Fungsi Excel memang cukup berbeda dengan Word yang dirasa lebih familiar untuk banyak orang karena ini ditujukan untuk mengetik dan membuat beragam jenis teks. Untuk Excel, ada kalanya pengolahan data dilakukan di beberapa file berbeda. Ini bisa jadi karena pengolah datanya terdiri dari banyak orang atau memang saat pembuatannya, file dibuat terpisah.

Namun, tentu ini perlu dikombinasikan ketika nantinya sudah memasuki tahap final sebelum pelaporan data tersebut. Itu berarti, beberapa file itu harus digabungkan.

Dalam Excel, ada yang dinamakan dengan sheet atau spreadsheet. Suatu file Excel bisa terdiri dari banyak sheet untuk menjadi bidang pekerjaan dalam pengolahan data dan hal lainnya. Ketika satu dua file akan digabungkan, tujuannya adalah menjadikan dua file berbeda itu menjadi satu satu file dengan lokasi sheet yang berbeda.

Move & Copy

Prosesnya memang tidak sekedar dengan copy paste. Kalau dengan cara ini, akan anda perbedaan atau perubahan posisi dan pengaturan tabel hingga formula yang ada. Ditambah lagi, copy paste dari satu file ke file lainya tidak sesederhana copy paste pada Ms. Word. Untuk itu, ada cara yang sebenarnya cukup mudah. Kalaupun anda penasaran dengan hal lain terkait Ms. Excel, anda bisa mengeceknya di https://majalahgadget.net/.

Cara paling mudah adalah dengan fitur Move & Copy. Ini memang seperti copy paste dalam hal konsep dasarnya karena ini akan memindahkan isi konten dalam suatu tabel di file berbeda untuk tersedia dalam satu file saja. Namun, prosesnya memang perlu tahapan yang cukup banyak.

Proses Move & Copy ini tidak saja menyalin, tapi juga memindahkan data dan semua formatting dan formula yang ada di sana. untuk caranya, pertama-tama kedua file yang akan digabungkan itu dibuka terlebih dahulu. Saat sudah terbuka, sheet yang akan dipindah itu dibuka dan anda bisa melakukan klik kanan pada sheet tersebut. Nantinya, akan muncul beberapa pilihan, dan Move & Copy adalah salah satunya.

Saat anda memilih Move & Copy tersebut, jendela baru akan terbuka di layar anda. Hal yang harus anda lakukan adalah menekan anak panah ke bawah yang ada di bagian To Book. Anda pun memilih file yang akan anda gabungkan dari list yang ada di dalam To Book tersebut. Lalu pada bagian Before Sheet, anda memilih opsi move to end.

Di bagian kanan bawah, terdapat keterangan Create a copy dengan kotak checklist. Anda perlu menekan kotak itu agar checklist ada dan nantinya copy pun bisa dibuat. Setelahnya, anda cukup menekan OK. Setelah itu selesai, anda akan menemukan sheet yang anda pindah tersebut di file yang menjadi tujuan penggabungan file.

Dengan begitu, prosesnya pun selesai. Sheet baru ini memuat data dari file kedua yang anda pindahkan tadi dan tidak ada perubahan apapun dalam format file dan hal lainnya sehinggga pengolahan data bisa dilanjutkan dengan mudah.

 


Posted

in

by

Tags: