Jangan Khawatir! Berikut 3 Cara Mengatasi Bootloop HP yang Mudah

Dengan maraknya penggunaan HP saat ini untuk semua kalangan, maka ada banyak hal yang mungkin menjadi masalah jika terkait adanya teknologi ini. Karena beberapa orang akan panik jika HP atau laptop mereka tidak berfungsi dengan baik, salah satunya adalah terjadinya bootloop atau proses boot yang berulang. Berikut cara mengatasi bootloop HP yang mudah.

3 Cara Mudah Mengatasi Bootloop di HP

  1. Merestart HP

Jika terjadi bootloop di HP, anda bisa mencoba untuk merestart HP. Caranya yaitu dengan mematikan HP, kemudian menyalakannya lagi dengan jeda waktu yang cukup. Namun, karena ada dua jenis HP yang beredar di pasaran, yaitu baterai tanam yang tidak bisa dilepas dan baterai biasa yang bisa dilepas.

Baterai ini akan mempengaruhi bagaimana cara anda merestart HP nantinya. Jika HP anda memiliki baterai tanam maka cara yang digunakan adalah dengan mematikannya terlebih dahulu dengan tombol power, lalu biarkan HP mati hingga beberapa saat. Setelah itu, kemudian coba nyalakan kembali HP anda.

Jika HP anda sudah bisa menyala, berarti cara ini berhasil. Sebagai tambahan, kebanyakan kasus HP yang bootloop bisa diatasi dengan cara ini. Alternatif lain dari cara mengatasi bootloop HP anda yaitu melakukan restart dengan melepas baterai. Dimana cara ini hanya bisa diterapkan pada HP versi lama yang biasanya baterainya bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Cara merestart HP untuk yang memiliki baterai dan bisa dilepas juga berbeda. Jika sudah mematikan daya HP dengan tombol power hingga mati, anda bisa mengambil baterai yang ada di dalam HP tersebut. Kemudian jika baterai HP sudah dilepas, setelah beberapa saat biarkan mati lalu hidupkan. Anda bisa melihat apakah HP nya sudah bisa menyala normal atau belum.

  1. Melakukan Swipe Data

Cara lain yang bisa digunakan jika HP mengalami bootloop adalah dengan melakukan swipes data atau reset pabrik yang masih belum sempurna. Namun, hal ini akan berakibat pada hilangnya data yang ada di smartphone. Untuk itu, cara mengatasi bootloop HP ini tidak terlalu dianjurkan jika anda masih ragu untuk menghapus semua data anda.

Lebih dari itu, dengan adanya fitur swipe data atau reset factory ini, anda akan mendapatkan HP dengan aplikasi dan pengaturan default dari pabrik. Selain itu, data yang tersimpan di smartphone sebelumnya akan ikut hilang jika dilakukan reset factory. Anda perlu mempertimbangkan apakah reset factory atau swipe data ini benar-benar diperlukan atau tidak.

  1. Flashing ROM

Cara terakhir untuk mengatasi bootloop di HP adalah dengan flashing ROM, yang bisa membersihkan dalvik-cache pada sistem lalu menggantinya dengan yang baru. Flashing ROM ini bisa dilakukan adalah dengan mematikan HP terlebih dahulu, lalu dibiarkan mati selama beberapa saat. Kemudian, setelah itu HP bisa dinyalakan untuk proses recovery data.

Dimana cara mengatasi bootloop HP ini bisa menjadi alternatif jika cara-cara yang lain tidak bisa mengatasi bootloop yang bisa terjadi di HP. Lebih dari itu, dapat diketahui alasan kenapa bootloop di HP bisa terjadi dengan memperhatikan beberapa hal. Langkah-langkah tersebut bisa menjadi profesional di bidang ini sakit banget tiap hari aku kasih tugas ke anak.

Terjadinya bootloop di HP mungkin menjadi masalah yang sangat mengganggu, untuk itulah anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya untuk berjaga-jaga di keadaan genting. Cara-cara yang disebutkan di atas bisa menjadi referensi jika HP anda mengalami bootloop secara tiba-tiba. Dapatkan cara dan tips lain tentang teknologi dan lifestyle di stophoax.id.


Posted

in

by

Tags: