Begini Prosedur Cara Membuat Website di WordPress dengan Mudah, Bloger Pemula Harus Tahu

 

Bagi seorang bloger, membuat website adalah sebuah kebutuhan primer. Ibarat kata, bloger dan website sudah menjadi adik-kakak yang tidak dapat dipisahkan. Namun sayangnya, pemula masih ada beberapa yang bingung bagaimana memulai membuat website.

Ada berbagai macam aplikasi layanan untuk membuat sebuah blog.  Salah satunya adalah wordpress. Ini merupakan sebuah platform yang cukup terkenal dan sudah banyak digunakan para blogger. Konon dibandingkan dengan blogspot, ini lebih baik karena fiturnya yang lebih lengkap dan lebih canggih. Anda bisa menggunakannya secara gratis namun jika ingin mendapatkan layanan yang lebih bagus lagi maka bisa mencoba untuk berlangganan.

Prosedur Pembuatan Website di WordPress dengan mudah.

WordPress merupakan salah satu plafrom yang memberikan solusi yang tepat bagi para blogger. Mereka diberikan wadah untuk membuat website sendiri. Adapun prosedur pembuatan website di WordPress adalah sebagai berikut:

  1. Memutuskan Jenis Website dan Topik yang Dibuat

Pilih jenis website yang akan dibuat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jenis website bisa berupa blog, situs ecommerce, profil perusahaan dan lain sebagainya. Jika sudah mulailah untuk menentukan topik untuk isi website tersebut.

  1. Menentukan Nama Domain

Buatlah nama domain yang singkat, jelas, dan mudah diingat oleh penikmat website. Selain itu hindari nama domain dengan penulisan yang sulit ditetik. Penonton website lebih suka nama domain yang mudah diketik maupun mudah diucapkan.

  1. Memilih Web Hosting

Langkah berikutnya yakni dengan memilih web hosting. Web hosting diperlukan untuk membuat website di wordpress. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan web hosting.

Memperhatikan apa yang diperlukan,’uptime yang tinggi’, dan bantuan pelanggan adalah poin penting dalam pemakaian web hosting. Selain itu, pastikan agar layanan tersebut mudah digunakan. L ebih baik gunakan web hosting yang memberikan harga yang terjangkau namun tetap aman.

  1. Menginstall WordPress

Mendownload WordPress dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Melalui Hostinger dapat menggunakan sintak-sintak berikut ini:

  • Klik menu auto-installer
  • Pilih memu icon WordPress dan bisa memasukkan informasi penting seperti URL, Bahasa, dan lain-lain.
  • Tekan menu ‘install’ dan tunggu beberapa saat untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya
  1. Pilih Tema

Memilih tema dapat memberi warna pada WordPress. Pemilihan tema dilakukan agar terlihat lebih menarik. WordPress sendiri telah menyediakan beragam tema yang gratis dan cantik-cantik. Dengan begitu, sewaktu-waktu ingin mengganti tentu masih banyak pilihan lain.

Cara Mengamankan Akun Website di WordPress

Setelah mengetahui langkah-langkah membuat website di WordPress, perlu kiranya untuk mengamankan akun tersebut. Perlindungan dilakukan agar website tidak dibajak orang lain. Berikut cara mengamankan akun website di WordPress:

  1. Usahakan agar Hosting aman terkendali
  2. Unduhlah plug in keamanan
  3. Mengunduh fitur keamanan, seperti halnya SSL
  4. Update terus CMS pada website
  5. Berikan batasan pada akses pengguna
  6. Perkuat password, pastikan password itu memiliki tingkat keamanan yang tinggi
  7. Backup data website

Bagi seorang bloger pemula, membuat website sendiri mungkin akan lebih menghemat biaya. Perlu dipelajari pula cara mengamankan akun website Anda agar tidak ada ‘hacker’ yang dengan sengaja menjatuhkan Anda.

https://teknopax.com/ merupakan sebuah situs resmi yang memuat berbagai macam informasi mengenai dunia teknologi. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari mengenai penggunaan berbagai macam aplikasi juga bisa mencoba untuk membaca beberapa artikel yang ada di website tersebut.


Posted

in

by

Tags: