Cara Membaca Peluang Bisnis

Mengetahui cara membaca peluang bisnis adalah wajib diketahui oleh para pebisnis. Karena ini adalah syarat wajib yang nantinya bisa membantu bisnis bisa berkembang dengan lebih baik.

Dalam lingkungan bisnis saat ini, pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan tidak pernah menjadi jaminan. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan bisa memperpendek siklus hidup sebuah produk dan layanan. Selain itu model bisnis juga cepat berubah, dan pesaing baru selalu muncul.

Ketidakpastian inilah yang membuat bisnis perlu mencari dan membaca peluang bisnis baru. Apa itu peluang bisnis? Bagaimana cara membaca peluang pasar dalam kondisi ini? Apa saja contoh peluang bisnis yang harus diketahui di tahun 2022? Jawabannya bisa kamu temukan pada artikel di bawah ini.

Apa itu Peluang Bisnis?

Peluang bisnis adalah kondisi dan keadaan yang menguntungkan yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Contoh peluang bisnis: Munculnya sebuah kebutuhan pembeli merupakan peluang bisnis bagi sebuah bisnis untuk mulai menjual produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Cara Membaca Peluang Bisnis

Peluang bisnis bisa dievaluasi berdasarkan empat kriteria dasar: daya tarik, keberlanjutan, ketepatan waktu, dan pemeliharaan produk/layanan. Dan berikut ini akan kami jelaskan tentang cara membaca peluang bisnis.

Segmen Konsumen

Cara Membaca Peluang Bisnis yang pertama adalah kamu harus mengetahui segmen konsume. Kamu harus mengidentifikasi segmen konsumen yang memiliki karakteristik serupa. Karakteristik tersebut bisa berupa usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan atau gaya hidup, sikap, nilai, dan motivasi pembelian.

Variabel untuk usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, dan tingkat pendapatan dapat membantu memperkirakan jumlah pelanggan potensial yang mungkin dimiliki bisnis. Misalnya, produsen popok harus mengetahui berapa banyak anak di bawah usia 3 tahun yang tinggal di negara tertentu serta tingkat kelahiran di negara tersebut. Variabel gaya hidup, sikap, nilai, dan motivasi membeli yang bisa membantu menentukan kekuatan pendorong di balik keputusan pembelian meliputi harga, reputasi, kenyamanan, daya tahan, dan desain.

Analisis situasi pembelian

Untuk bisa membaca peluang bisnis, kamu juga harus bisa menganalisis situasi pembelian. Pertanyaan untuk dijawab saat kamu membuat analisis situasi pembelian adalah:

  • Kapan orang membeli produk atau layanan kita?
  • Di mana orang berbelanja?
  • Bagaimana cara mereka membayar?

Melihat dimana orang membeli produk, metode pembayaran, dan semua keadaan lain yang terlibat dalam keputusan pembelian bisa membantu Kamu mengetahui cara konsumen membeli dan bagaimana Kamu bisa memposisikan produk Kamu dengan tepat.

Analisis persaingan langsung

Selain menganalisis permintaan dan situasi pembelian, penting juga untuk menganalisis persaingan. Mengetahui pesaing saat ini di pasar bisnis yang Kamu jalankan adalah penting. Sehingga kamu bisa membaca peluang bisnis. Pertanyaan yang bisa digunakan untuk menganalisis persaingan adalah:

  • Produk dan merek industri mana yang memimpindi pasar?
  • Mengapa? Apa keunggulan yang ditawarkan pesaing?
  • Apa keunggulan kompetitif perusahaan?

Analisis persaingan tidak langsung

Peluang bisnis juga bisa ditemukan dengan menganalisis produk pengganti. Jenis analisis ini membantu membangun keunggulan kompetitif atas pesaing tidak langsung dan memberikan wawasan tentang peluang pertumbuhan tambahan.

Analisis produk dan layanan pelengkap

Perusahaan harus memantau kinerja produk perusahaan lain, dan melengkapi produk yang pesaing miliki ke produk yang kamu jual.

Analisis pasar luar negeri

Ketika sebuah perusahaan telah beroperasi di pasar dengan matang, mengekspansi bisnis ke negara lain bisa menjadi peluang bisnis yang tepat. Jika ingin mengekspansi bisnis ke luar negeri, pastikan kamu memilih negara dengan tingkat perkembangan ekonomi dan kebiasan lokal yang hampir mirip dengan negara kita.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui ukuran pasar dan pesaing di luar negeri. Sehinggabisa membantu kamu bisa memperkirakan pertumbuhan potensi bisnis di luar negeri.

Analisa lingkungan

Cara membaca peluang bisnis juga bisa mengidentifikasi dengan menganalisis perubahan lingkungan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang menciptakan peluang bisnis baru.

Menggunakan analisis SWOT sebagai cara membaca peluang bisnis

Analisis SWOT adalah salah satu alat analisis strategis yang paling populer digunakan pada sebuah bisnis. Analisis ini berfokus pada empat faktor utama yang mempengaruhi bisnis, yaitu kekuatan dan kelemahan bisnis, peluang dan ancaman yang dihadapinya.

Analisis SWOT akan  memberi Kamu informasi berharga tentang bisnis Kamu dan bisa membantu Kamu mengidentifikasi peluang dan prospek bisnis baru yang berpotensi Kamu manfaatkan.

Jika kamu ingin berjualan kosmetik dan ingin memiliki kekuatan bisnis yang bagus dengan memiliki produk kosmetik aman digunakan resmi BPOM, maka kamu membutuhkan bantuan jasa maklon kosmetik.


Posted

in

by

Tags: