Bagaimana Cara Melatih Anak Agar Tidak Penakut?

Sikap kedewasaan sang anak mungkin belum ada sejak masih berusia dini, hal ini yang membuat banyak anak-anak sering merasa ketakutan akan banyak hal. Akan tetapi, belum tentu semua orang tua bisa tenang saja melihat anak mereka dihantui dengan rasa dan pikiran takutnya. Bahkan banyak orang tua yang menyepelekan akan hal ini dan membuat sang anak tumbuh menjadi seorang yang penakut bahkan tidak bisa mandiri.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak agar tidak menjadi seorang penakut bisa dilakukan dengan tidak menganggap remeh rasa takut sang anak. Meskipun ia merasa takut, namun sebagai orang tua harus tetap bisa memberikan pengertian dengan mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja sehingga anak akan merasa tenang. Kemudian, cari tahu apa yang menjadi hal menakutkan bagi sang anak. Pendekatan ini juga bisa membantu sang anak untuk bisa lebih mengatasi rasa takutnya.

Kemudian, jangan lupa untuk tidak membesar-besarkannya. Sebab, jika membesar-besarkannya justru sang anak akan lebih takut dan tidak percaya diri. Berikan semangat dan motivasi yang baik-baik apalagi pada saat anak berhadapan dengan rasa takutnya. Berilah beberapa kata-kata dan dukungan berupa kalimat positif yang membantu dalam menghilangkan rasa takutnya. Ketenangan dari sang orang tua inilah yang membantu untuk melatih anak sedari dini untuk berani atau tidak menjadi seorang yang penakut.

 


Posted

in

by

Tags: