Biaya Bangunan Rumah Unik Dan Contohnya

Pada dasarnya untuk membangun rumah idaman dengan desain yang unik tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak. Di mana salah satu contohnya yaitu bangunan unik yang berada di Jakarta Selatan yaitu The Twins House untuk membangunnya cukup mengeluarkan uang sebesar 450 juta saja.  Rumah unik The Twins House itu juga telah bersaing dengan lebih dari 5000 karya arsitektur di 100 negara dan mendapatkan penghargaan kelas dunia di Amerika Serikat.

Contoh Rumah Unik Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa rumah unik yang bisa dijadikan inspirasi ketika hendak mendirikan tempat hunian misal Splow House dan The Twins House.  Di mana salah satunya diantaranya telah berhasil memenangkan penghargaan Architizer Award di New York Amerika Serikat. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel di bawah ini.

  1. Rumah Unik The Twins Di Jakarta

Rumah unik The Twins House yang berada di Jakarta didirikan di atas lahan seluas 70 meter persegi. Hunian itu memiliki dua buah bangunan yang jika digabungkan total luasnya sekitar 85 meter persegi. Di mana pada bangunan pertamanya terdapat dua buah kamar tidur, kamar mandi, ruang makan dan dapur.

Sementara untuk bangunan keduanya terdiri dari satu kamar tidur. The Twins House memiliki keunikan yaitu terdapat lorong kecil dan pintu kaca yang memisahkan dua bangunan. Faktanya untuk membangun hunian unik itu tidak memerlukan biaya yang mahal yakin sekitar 450 juta saja. Hunian ini juga telah tersedia dry garden yang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang tinggal di daerah cukup panas seperti Jakarta. Di mana dry garden tersebut berfungsi sebagai area resapan air dan menjaga sirkulasi udara. Perlu diketahui bahwa rumah unik ini pernah memenangkan penghargaan kelas dunia yaitu Architizer Award di new York Amerika Serikat.

  1. Rumah Splow House Di Tebet

Berbeda dengan The Twins House rumah unik yang lokasinya berada di Tebet ini dibangun di atas lahan dengan luas 120 meter persegi. Di mana letak keunikannya yaitu bangunan ini menggunakan konsep split house dengan membuat dua tingkatan di setiap lantainya. Dengan konsep itu sang arsitek membuat rumah 2 lantai tersebut menjadi 5 lantai mazanin. Dengan begitu hunian tersebut terlihat seperti memiliki banyak ruang.

Di mana pada lantai mazanin yang pertama terdapat ruang makan dan dapur, kemudian lantai kedua ada ruang tamu dan kamar mandi. Sementara untuk lantai ketiga terdapat kamar tidur untuk anak dan kamar mandi. Untuk mazanin yang ke-4 ada kamar utama untuk orang tua. Sedangkan bagian paling atas terdapat kamar tamu dan area mencuci.  Rumah unik yang ada di daerah Tebet ini juga telah dilengkapi dengan lubang biopori pada area halaman.

Berapa Biaya Bangun Rumah Unik Splow House Itu

Untuk mendapatkan bangunan unik seperti Splow House pada dasarnya tidak memerlukan budget hingga miliaran rupiah. Di mana hal itu dikatakan oleh Association Director Delution  Fahmy Desrizal Mahdy bahwa pihaknya hanya perlu menyiapkan biaya sekitar 800 juta saja untuk membuat rumah unik tersebut. Selain itu budget tersebut juga masih bisa ditekan lebih murah lagi sekitar 600 juta jika proses pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Itulah kisaran biaya yang harus disediakan ketika hendak membuat hunian seperti Splow House dan Twins House. Untuk lebih jelasnya berapa besaran anggaran yang dibutuhkan dapat meminta bantuan para kontraktor maupun jasa arsitek.

 

 

 

 


Posted

in

by

Tags: