Aplikasi Untuk Membuat Mind Map

Apakah Anda seorang yang suka mencatat atau hanya mendengar ketika mendapatkan materi atau ilmu baru.Bagi Anda yang lebih suka menulis pastinya Anda mencatat hal-hal penting dalam buku catatan Anda bukan?Baik itu hanya berisi inti materi ataupun teori yang dianggap penting bagi Anda.Namun, apakah Anda tahu ada teknik yang dapat memudahkan Anda dalam mencatat teori-teori tersebut?

Teknik tersebut dinamakan mind map. Mind map ini merupakan cara mudah untuk mencatat seluruh teori. Jadi, mind map ini adalah metode atau teknik untuk mengolah informasi secara keseluruhan melalui pemetaan yang bentuknya bercabang serta dituangkan dalam bentuk tulisan. Dulu, mind map ini dibuat diatas media kertas, namun kini Anda dapat membuat mind map menggunakan sebuah aplikasi

Dilansir dari Papuanews.id, terdapat banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat mind map. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat mind map, berikut ini beberapa aplikasi untuk membuat mind map:

  • Canva

Aplikasi pertama yang digunakan untuk membuat mind map adalah Canva. Canva merupakan aplikasi pembuat mind map yang mudah digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun. Sebab, aplikasi ini dilengkapi dengan template dan toolset yang memudahkan para pengguna.Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa gambar yang siap digunakan.

 

Selain itu, canva juga menawarkan beberapa fitur seperti filter foto, font, dan lain sebagainya. Sehingga memungkinkan Anda para pengguna untuk mengatur mind map dengan cara yang lebih menarik secara visual. Sementara itu, opsi unduhan mind map yang disediakan oleh Canva adalah PNG, JPEG, dan PDF.

 

  • Coggle

Aplikasi selanjutnya yaitu Coggle. Coggle adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat berbagai mind map dan flower chart. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup membuat akun gratis. Setelah akun berhasil dibuat Anda bisa menikmati layanan membuat diagram privat, dan mengunggah gambar tanpa batas.

 

Coggle ini merupakn sebuah aplikasi untuk membuat mind map yang memiliki beberapa fitur. Mulai dari memformat teks, menyisikan tauta, menambahkan gambar, dan ikon untuk menguraikan poin-poin utama. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda  bisa mengunduh mind map dalam format TXT, PDF, dan JPEG.

 

  • Gitmind

Aplikasi pembuat mind map berikutnya adalah Gitmind. Gitmind merupakan aplikasi online mind map dan flowchart yang cukup populer. Seperti kegunaannya, aplikasi ini menyediakan semua jenis kebutuhan mind map.Mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juha memiliki galeri template mind map.

 

Sehingga memudahkan Anda dalam pembuatan diagram professional dan berkolaborasi dengan tim. Selain itu Gitmind ini juga menawarkan beberapa fitur yang hebat. Mulai dari tema bergaa premade, kolaborasi tim, memulihkan peta riwayat, project management, dan outline mode.

 

  • LucidChart

Aplikasi pembuat mind map terkahir yang direkomendasikan Papuanews.id adalah LucidChart. Aplikasi ini digadang mampu menyediakan semua jenis kebutuhan mind map. Mulai dari diagram alur sederhaa hingga kompleks. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan banyak template sehingga lebih mudah untuk membuat diagram professional dan berkolaborasi dengan tim.

 

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang hebat dan menarik.Salah satunya yaitu kemampuan menghubungkan data. Dengan menautkan data, Anda selaku pengguna dapat menghubungkan bentuk dan diagram yang And abuat ke data langsung dan disimpan dalam spreadsheet.

Demikian beberapa aplikasi untuk membuat mind map. Dengan membuat mind map lewat aplikasi, selain memudahkan Anda dalam membuat mind map aplikasi ini juga memberikan pengalaman tersendiri untuk Anda.

 


Posted

in

by

Tags: