Lompat ke konten

Aplikasi Novel Android Terbaik

Di era ini, hiburan dapat diakses dengan mudah melalui perangkat smartphone. Hanya dengan berbekal perangkat elektronik tersebut dan jaringan internet, Anda sudah dapat mengakses berbagai macam hiburan, mulai dari musik, film, drama, hingga bahan bacaan seperti novel.

Untuk membaca novel di smartphone, Anda akan membutuhkan aplikasi novel Android. Melansir dari website carakami.com, aplikasi novel Android terbaik yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. Wattpad

Wattpad adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk membaca novel. Pasalnya, aplikasi ini adalah aplikasi baca novel yang paling terkenal di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah unduhan pada aplikasi ini yang sudah mencapai lebih dari 100 juta kali.

Genre novel yang tersedia di aplikasi Wattpad sangat beragam, mulai dari genre populer yang diketahui oleh banyak orang seperti romansa, fiksi remaja, fantasi, fiksi ilmiah, horror, hingga genre yang tidak dapat dinikmati semua orang seperti fiksi penggemar.

Untuk dapat membaca novel di aplikasi ini, pengguna akan membutuhkan jaringan internet. Namun, bukan berarti membaca secara offline mustahil untuk dilakukan. Pasalnya, khusus novel gratis, pembaca dapat memasukkannya ke library dan mengunduhnya.

Hanya dengan cara itu suatu novel dari Wattpad dapat dibaca secara offline.

Selain menyediakan novel dengan beragam genre untuk dibaca, aplikasi ini juga menjadi tempat bagi para pengguna yang ingin berkarya dengan menulis novel.

  1. Innovel

Jika Wattpad adalah tempat membaca novel yang cocok bagi laki-laki maupun perempuan karena keragaman genre yang tersedia, maka Innovel adalah aplikasi baca novel yang lebih menargetkan pembaca perempuan.

Hal ini dapat dilihat dari genre yang disediakan oleh aplikasi ini, yaitu romance, drama, chicklit, serta novel dengan tema khusus misalnya vampir dan manusia serigala.

Aplikasi Innovel juga mewadahi pengguna yang tertarik untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya dalam bentuk tulisan. Jika Anda adalah salah satunya, maka Anda dapat mengembangkan keahlian menulis cerita dengan mengikuti seminar, tutorial, maupun promosi untuk memperkenalkan karya Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Dreame Media ini sudah diunduh hingga lebih dari 5 juta kali. Rating-nya 4,4/5,0 di Play Store dan ulasan yang ditinggalkan pengguna juga sebagian besar positif.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tetapi Anda harus membeli koin jika ingin membaca novel yang statusnya berbayar.

  1. NovelToon

Layaknya dua aplikasi sebelumnya, NovelToon juga memungkinkan penggunanya untuk membaca novel dari beragam genre. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ini memfasilitasi penggunanya untuk mengunduh novel yang diinginkan. Dengan begitu, novel yang bersangkutan akan dapat dibaca saat offline.

Tak hanya menyediakan novel atau bahan bacaan untuk pengguna yang suka membaca, NovelToon juga memberikan kesempatan kepada para penulis untuk berkarya dan mendapat penghasilan saat karyanya dibaca banyak orang.

Aplikasi NovelToon dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi yang berukuran 24 Mb ini sudah diunduh hingga 10 juta kali. Review atau ulasan yang ditinggalkan pengguna juga tidak buruk. Sebagian besar merasa puas dengan aplikasi ini sehingga rating-nya di Play Store mencapai 4,5/5,0.

Melansir dari website carakami.com, aplikasi novel Android terbaik yang direkomendasikan juga mencakup beberapa aplikasi lain seperti GoodNovel, NovelMe, Goodreads, dan masih banyak lagi. Informasi tentang aplikasi tersebut dan aplikasi baca novel lainnya dapat dilihat di website yang bersangkutan.