Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)?

Sebelum anda mengetahui lebih dalam mengenai Search Engine Marketing (SEM), ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sih itu Search Engine? Search Engine itu sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti mesin pencarian. Pada dasarnya mesin pencarian ini berada pada bagian awal ketika mencari suatu informasi pada suatu browser dalam suatu web. Pencarian informasi dapat dilakukan pada search engine pada kata kunci penggunaan yang dibutuhkan. Search engine ini berisikan juataan bahkan milyaran informasi yang dibutuhkan bagi para pengguna.

Apa itu Seach Engine Marketing (SEM)?

Search Engine Marketing (SEM) merupakan suatu strategi pemasaran dalam mengoptimasikan suatu website agar sering muncul pada mesin pencarian denagn memanfaatkan adanya iklan. Dengan kata lain, penerapan SEM ini menggunakan metode sebagai contoh PPC atau Pay per Click Advertising. Keunggulan dari SEM ini sendiri yaitu dapat menentukan target berdasakan dengan keyword dari berbagai pengunjung website atau pengguna. Dengan begitu, produk atau bisnis yang anda iklankan akan semakin banyak pengunjung bahkan semakin banyak orang yang mengetahui mengenai bisnis anda tersebut hanya dengan mesin pencarian saja.

Pastinya banyak yang bertanya-tanya apakah penting menggunakan SEM ini dalam bisnis? Jelas penting sekali, SEM ini dapat mengarahkan banyak pengunjung untuk mengunjungi website anda. SEM ini menempatkan suatu website di halaman pertama sehingga banyak pengunjung yang akan mengklik atau mengunjungi website anda. Banyak orang hanya melihat halaman pertama ketika sedang mencari sebuah informasi yang mereka butuhkan. Sehingga dengan adanya Search Engine Marketing (SEM) ini, dapat mempermudah anda untuk menarik perhatian pengunjung atau calon konsumen anda pada website anda.

Hal pokok pada SEM ini yaitu dengan riset keyword dan juga mengelompokkan keyword yang sering digunakan pada mesin pencarian. Maka dari itu untuk strategi pemasaran bisnis menggunakan SEM ini, anda harus list keyword yang akurat mengenai produk yang akan ditawarkan.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

Berikut beberapa manfaat SEM bagi bisnis :

Hasil Cepat

Pembuatan SEM sangatlah mudah dan juga cepat. Bahkan anda juga dapat melihat hasil iklan anda setelah ditayangkan. Maka dari itu, anda juga dapat menilai sendiri dalam penggunaan SEM ini.

Target Market yang sesuai diinginkan

Penggunaan SEM ini sangat menguntungkan bagi seorang pebisnis dalam mencapai target market yang seusai dengan yang dipilih oleh pebisnis tersebut. Sangat memungkinkan sekali bagi anda untuk menargetkan calon pembeli berdasarkan perangkat, lokasi, waktu, bahkan bahasa tertentu.

Terjangkau pada banyak pengunjung

Penggunaan SEM ini pastinya bagi para pebisnis akan mendapatkan banyak pengunjung, bahkan hingga seluruh dunia. Maka itu merupakan peluang bagi pebisnis untuk mendapatkan konsumen baru pastinya.

Meningkatkan Traffic kunjungan Website

Website anda akan dibuat oleh SEM ini ada pada bagian teratas pada mesin pencarian dibanyak orang. Dengan hal ini, website anda dqapat menjangkau banyak pengunjung untuk menikmati dan juga mengunjungi website anda.

Jika anda ingin memiliki peluang bisnis yang dapat menghasilkan, maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan Search Engine Marketing (SEM) yang bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran digital produk, bisnis, jasa, bahkan perusahaan lainnya. Bahkan di jaman sekarang pun berbagai bisnis dibidang jasa pun sudah banyak, salah satu contohnya seperti Jasa Konsultan IT. Hasil dari strategi pemasaran brand yang efektif kemungkinan akan menjadi kehadiran brand yang lebih baik, lebih banyak traffic lalu lintas situs internet yang tinggi prngunjungnya.


Posted

in

by

Tags: